Munaqosyah Tahfidz Al Quran TK Khadijah

Kegiatan munaqosyah tahfidz al Quran untuk jenjang Taman Kanak-kanak, merupakan uji kecakapan dan kemampuan hafalan al Quran. Dimana untuk jenjang TK saat ini surat-surat yang diujikan adalah surat An Naas sampai dengan al Qoriah. Munaqosyah kali ini Sabtu, 23 Februari 2019 bertempat di TK Khadijah yang diikuti oleh 34 peserta. Kegiatan munaqosyah telah dibuka oleh ibu Kepala KB-TK Khadijah, Dra. Hj. Suhartin. Sebagai penguji Ustadzah Alfi Nur Diana dengan didampingi bu Farikhah selaku pembimbing mengaji anak-anak selama ini. Anak-anak diuji kecakapan hafalan surat-surat tersebut dengan metode sambung ayat, dimana munaqisy selaku penguji, membaca sebuah ayat kemudian dilanjutkan oleh peserta hingga diberi aba-aba untuk berhenti.

Seusai pembukaan anak-anak dipersilakan untuk istirahat sejenak di ruang transit , guna mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian. Empat peserta mulai masuk ke ruang ujian sebagai peserta pembuka. Kemudian bu Farikhah selaku pendamping memanggil satu anak untuk maju ke hadapan munaqisy untuk menjalani proses munaqosyah, peserta yang lain menunggu dengan tenang di belakang bersama bu Kepala KB-TK Khadijah menyimak bacaan al Quran teman yang sedang ujian. Begitu terus silih berganti sampai dengan peserta terakhir.

Ada cemas dan grogi dalam diri peserta, sampai membawa supporter. Anak-anak disupport oleh orang tua wali yang kebetulan meliburkan diri untuk mendampingi peserta meski tidak turut serta dalam ruangan munaqosyah, tampak beberapa wali murid harap-harap cemas melihat putra-putrinya sedang munaqosyah dari jendela ruang kelas. Di sisi lain juga ada beberapa anak yang sedang sakit, nekad mengikuti munaqosyah ini.

Munaqosyah Tahfidz anak TK memang beda dengan dengan kondisi munaqosyah kakak-kakak yang jenjang di atas mereka. Seusai ke tiga puluh empat peserta melewati masa ujian munaqosyah semua. Munaqisy, ustadzah Alfi Nur Diana mulai merekap nilai hasil dari anak-anak semua. Usai sudah munaqosyah tahfidz Al Quran untuk jenjang TK kali ini. Semoga semuanya mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *