SEKOLAHKU HIJAU dan BERSIH

Assalamualaikum teman-teman

Bagaimana kabarnya ? Semoga sehat selalu buat kami semua. Akhirnya berjumpa lagi dengan kami …..

Setelah lama teman-teman kami belajar dan bermain dengan tema sekolahku, tepat pada hari selasa kemarin tanggal 23 Oktober 2018 teman-teman khadijah telah melakukan kegiatan puncak tema sekolah. Wah berarti sudah selesai dong pembahasan tentang tema sekolah ? Yah betul,,,, kalau teman-teman kami sudah puncak tema artinya sudah habis pembahasan tema sekolah kali ini.

Sesuai dengan program ibu wali kota tercinta Bu Risma tentang penghijaun di lingkungan Surabaya termasuk lingkungan sekolah. Ternyata kali ini KBTK Khadijah sehati dan sejalan dengan beliau. Karena pada kegiatan puncak tema sekolah kali ini kami akan mengajak anak-anak untuk bercocok tanam, belajar mencintai lingkungan sekitar dengan menanam bunga (tanaman) yang sudah di bawah dari rumah.

Penghijauan di lingkungan sekolah kami ini dibuat bukan hanya sekadar penghijauan. Siswa dan guru kelas diajak untuk menanam dalam media apapun untuk diletakkan di sekolah. Yang mana sebelumya anak dan guru di minta untuk membawa kaleng bekas atau botol bekas. kenapa kita pakai botol juga karena apabila tidak ada ruang kosong, bisa memanfaatkan metode taman vertikal di dinding.

Sebagai bentuk tanggungjawab sampai tanaman tersebut tumbuh subur setiap anak-anak bermain di sentra bahan alam, mereka akan diajak untuk kegiatan menyiram tanaman. Hal ini secara tidak langsung akan dapat megajarkan anak tentang cinta pada lingkungan sekitar, selain itu mereka akan tahu bahwa tanaman membutuhkan air untuk tumbuh subur.

Setelah makan snack, Tepat pukul 08.30 anak-anak di ajak berkumpul semua di Gazebo. Bu Malichah dan Bu Fida selaku penanggung jawab kegiatan puncak tema kali ini membuka kegiatan dengan mengajak anak bernyanyi bersama untuk menambah semangat pagi anak-anak. Setelah itu bu Malichah menjelaskan kegiatan apa yang akan di lakukan oleh anak-anak.

Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dan semangat, Ternyata anak-anak tidak ada yang takut kotor lho, keren deh pokoknya anak-anak KBTK Khadijah. Mereka faham betul kalau berani kotor itu baik 🙂

Anak-anak di minta mengisi sendiri kaleng dan botol bekas yang mereka bawa dengan tanah yang sudah di sediakan oleh guru, kemudian meletakkan sendiri tanaman yang sudah di bawah ke dalam kaleng yang sudah di kasih tanah tadi. Alhamdulillah anak-anak ahli berkebun semua, tidak ada yang minta di bantu sama bu guru lhoo..

Setelah selesai anak-anak di ajak foto bersama perkelasnya masing-masing sebagai dokumentasi dan laporan ke group kelas :), Zaman sekarang kan serba online jadi lewat ponsel pun mama papa bisa lihat kegiatan anak-anak di sekolah. selain itu di harapkan mama papa di rumah tahu kalau anak-anak sudah pintar dan hebat bercocok tanam, harapannya orang tua dapat mengajak anak-anak bercocok tanam juga saat di rumah.

Lhoo Lhooo ternyata sudah panjang lebar ceritanya ini. mungkin sudah dulu yah teman-teman cerita puncak tema kali ini tentang Sekolahku Bersih dan Hijau, besok kita berjumpa lagi di cerita kegiatan kami yang lain.

Yuuuk mari sukseskan Program Adiwiyata dari Bu Risma karena dengan berjalannya program tersebut selain lingkungan kita jadi hijau dan bersih kita akan lebih peduli dengan pelestarian lingkungan sekitar.

Wassalamualaiakum Wr.Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *