GERBANG TEMA AYAM

 

Assalamu’alaikum…

Teman temaaaan

Alhamdulillah, ini pertemuan pertama kita di tahun baru 2018 sekaligus semester baru. Semoga teman teman sehat selalu yaa..

Naaah, kali ini kegiatan yang akan diceritakan adalah gerbang tema pertama kita di semester dua ini. Kira- kira apa yaa temanya?? Temanya adalah Ayam. Selama kurang lebih satu bulan ke depan kita akan belajar banyak hal tentang ayam.. Waaah, sudah ga sabar niiih…

Gerbang tema ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 3 Januari 2018 dengan penanggung jawab tema adalah Bu Fida. Seperti biasa, setelah doa pagi dan makan bekal bersama, sekitar pukul setengah sembilan pagi, semua teman berkumpul di hall sekolah yang telah ditata agar semua bisa duduk dengan nyaman.

Waaaah, teman teman tahu tidak? Ternyata Bu Fida membawa ayam betina untuk ditunjukkan kepada teman teman semua!!  Hehehe.. Banyak yang penasaran niih tapi harus tetap tertib yah!

Sambil membuka acaranya, Bu Fida sudah ditemani oleh Bu Nerlis untuk membantu menggendongkan ayamnya agar semua bisa melihat dengan jelas. Sesekali Bu Fida bertanya kepada teman teman tentang ayam ini. Semua tampak antusias mendengarkan penjelasan Bu Fida dan dibantu oleh Bu Mal.

Bu Mal dibantu Bu Nerlis mencoba menyebutkan bagian bagian ayam. Ada paruh, dada, kaki, jengger, sayap, bulu ayam dan sebagainya. Oh ya, sebagai informasi, ayam ini diciptakan oleh Allah dengan banyak sekali manfaat.

Mulai dari daging. Dagingnya bisa dimasak aneka macam olahan masakan, seperti Soto Ayam, Sate, Ayam kecap, ayam goreng dan masih banyak lagi. Lalu telurnya. Telur ayam dibedakan menjadi dua, telur ayam yang akan dikonsumsi manusia dan ada yang dierami oleh induk ayam agar bisa menetas menjadi ayam hidup. Telur bisa diolah jadi aneka macam olahan loooh. Mulai kue, jajanan, makanan bahkan minuman. Hehehehe

Tidak ketinggalan bagian tubuh ayam yang lain. Bulunya bisa dimanfaatkan untuk dibuat kemoceng atau hiasan dan karya seni yang lain, yang pastinya indah dan cantik. Masya Allaaah, Ya Khaliq. Ya Nafi’.  Allah Maha Pencipta dan Pemberi Manfaat bagi manusia.

Terakhir, Bu Mal menyanyikan lagu baru untuk tema ayam ini.. Semuanya diminta untuk mendengarkan terlebih dahulu lagunya. Setelah satu kali menyanyikan lagu tema ayam ini yang cukup mudah, teman teman diminta untuk mulai ikut menyanyikan lagunya bersama Bu Mal. Salah satu bagian lagu yang menarik adalah “dengarkan suaranya, kukuuuruyuuuuk”. Teman teman semua menirukan suara ayam!  Hehehehe.. Senang nyaa. Alhamdulillah

Naah, saatnya kegiatan awal tema. Bu Fida sudah menyiapkan bahan yang diperlukan seperti gambar ayam untuk diwarnai oleh adik KB dan teman TK A, lalu bulu-bulu ayam untuk ditempelkan di gambar ayam yang sudah diberi warna bagian badannya oleh teman teman TK B menggunakan pewarna. Waaaah semoga berhasil yaa teman teman agar hiasan langit langit sepanjang hall sekolah bisa tampak indah. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *