GERBANG TEMA “BUS”

Assalamu’alaikum teman temaaan…

Setelah kemarin kita melakukan kegiatan puncak tema gadget, hari ini, Rabu tanggal 28 Februari 2018 kita akan melaksanakan gerbang tema baru yaitu Bus. Penanggung jawab tema ini adalah Bu Nerlis. Kira-kira kita akan melakukan kegiatan apa ya untuk mengisi gerbang tema kali ini? Hmmm…

Setelah do’a pagi dan makan bekal, teman-teman berkumpul di ruang kelas An Nafi’ untuk pembukaan gerbang tema. Bu Nerlis membuka gerbang tema ini dengan sedikit mengulang sedikit tentang materi tema kemarin yaitu gadget. Kemudian langsung dilanjutkan dengan mengajak teman-teman untuk menonton video tentang bagian-bagian bus.

Agar teman-teman lebih memahami bagian-bagian bus, Bu Nerlis mengajak teman-teman untuk mengamati langsung bus yang ada di sekolah. Secara bergantian teman-teman berjalan menuju gerbang depan area sekolah di mana bus tersebut diparkir. Kelompok pertama yang mengamati adalah Ar Rohman dan Al Lathif.

Bu Nerlis memberikan sedikit informasi tentang bus lalu teman-teman berjalan mengelilingi bus sambil mengamati bus, bagaimana bentuknya, berapa jumlah roda bus, spion dan bagian pembersih kaca atau wiper. Tidak hanya bagian luar bus saja yang diamati oleh teman-teman, tetapi juga bagian dalam bus loh ! Satu per satu teman-teman naik ke atas bus kemudian mengambil tempat duduk masing-masing. Setelah itu Bu Nerlis memberikan informasi tentang bagian dalam bus seperti AC, bagian kemudi yang dilengkapi dengan setir, klakson, persneling dan lain-lain. Pak Supir bus beberapa kali membunyikan klakson bus.

Setelah beberapa saat di dalam bus, kini saatnya bergantian dengan kelompok selanjutnya. Seperti naik tadi, satu per satu teman menuruni tangga bus dan dibantu oleh ibu guru pendamping. Kemudian berbaris dengan rapi sesuai kelompok kelasnya. Berganti dengan kelompok selanjutnya yaitu Ar Rosyid dan As Salam. Dan kelompok terakhir adalah Ash Shobuur, An Nuur dan An Nafi’. Kurang lebih sama kegiatannya dengan kelompok pertama yaitu mengamati bus dan naik ke bus.

Bagian bus terdiri dari roda yang berjumlah empat buah, tiga pintu masuk, dua untuk pintu masuk penumpang dan satu pintu khusus supir. Oh ya, jangan dilupakan spion kiri dan kanan. Sangat penting loh teman-teman karena fungsinya untuk melihat atau memantau area belakang bus, apakah ada kendaraan yang posisinya dekat dengan bus. Sebagai prosedur keselamatan berkendara ya teman-teman !

Bus ini termasuk bus kecil dengan kapasitas penumpang sekitar 30 orang. Juga dibagian luar terdapat bagasi untuk menyimpan barang yang banyak atau berukuran besar.

Setelah semua kembali ke sekolah, teman-teman melanjutkan kegiatan gerbang tema sesuai dengan kelasnya. Kelompok bermain mewarnai gambar bus sekolah, TK A menempel gambar bus menggunakan karton susu bekas ukuran 1 liter sedangkan TK B mewarnai bus besar. Seperti biasa, hasil karya teman-teman akan dihias dan dipajang di hall sekolah selama tema berlangsung. Jadi, selamat bekerja dengan baik teman-teman !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *