GERBANG TEMA “ GADGET”

 

 

Assalamu’alaikum semuaaa…

Ketemu lagi kita setelah kegiatan terakhir kita kemarin yaitu puncak tema ayam. Naah, kali ini kegiatan lanjutannya adalah gerbang tema terbaru kita. Ada yang tahu tema baru kita apa ? Tema terbaru kita adalah gadget. Mmmmm gadget itu apa sih? Manfaatnya apa bagi kita? Atau bahkan ada kerugiannya? Yuk, nanti kita bahas bersama yaa..

Kegiatan gerbang tema ini kita laksanakan pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2018 di kelas An Nafi’ karena kita akan menonton video bersama tentang gadget. Waah, semakin penasaran nih ! Seperti biasa, kita akan melaksanakan do’a pagi, latihan dan makan bekal sampai kurang lebih pukul 08.00. Satu per satu kelompok datang dan berkumpul di kelas An Nafi’. Yang terakhir datang adalah kelompok Ar Rohman.

Semua peralatan untuk menonton video juga sudah disiapkan oleh Pak Rahmat, mulai layar proyektor, LCD, sound dan mic. Bu Is, sebagai penanggung jawab tema, memulai kegiatan. Bu Is, didampingi oleh Bu Mal, mengenalkan lagu baru tema gadget. Memang lagunya tidak terlalu panjang tapi namanya lagu baru, teman-teman banyak kesulitan untuk mengikuti. Hehehe. Pelan-pelan ya teman-teman. Didengarkan dulu yuk Bu Mal dan Bu Is menyanyikan lagunya, nanti pasti hapal. Okeh?

Saatnya nonton video ! Video pertama yang ditampilkan adalah cerita tentang seorang anak yang suka sekali memakai salah satu gadget yaitu hape. Video yang kedua menampilkan video tentang akibat terlalu banyak menggunakan gadget dalam waktu yang lama juga bagaimana seharusnya gadget digunakan agar bisa memberikan manfaat yang menguntungkan. Video terakhir adalah video berbahasa Inggris yang menggambarkan keseharian seorang anak yang terlalu banyak bermain game online di computer. Mulai dari waktu istirahat berkurang, waktu belajar menurun, mata lelah, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang dapat diambil informasinya dari video-video tersebut adalah sebagai berikut:

Manfaat gadget:

  1. Memudahkan akses informasi
  2. Sarana hiburan dan edukasi
  3. Memudahkan pekerjaan manusia

 

Kerugian menggunakan gadget secara berlebihan

  1. Membuat malas belajar
  2. Obesitas / kelebihan berat badan karena malas bergerak
  3. Radiasi gadget yang bisa memicu penyakit bahkan kanker
  4. Mata merah karena lelah
  5. Waktu tidur berkurang dan melewatkan waktu beribadah (sholat, mengaji, dll)

 

Waaah, ternyata seram juga ya akibat terlalu lama main gadget. Hiiii. Yuk, teman-teman, jangan suka main gadget terlalu lama ya. Nanti kita kena akibatnya seperti itu. Astaghfirullah. Hati-hati ya teman-teman !

Setelah kegiatan gerbang tema selesai, teman-teman disilahkan kembali ke kelas masing-masing dan melakukan kegiatan selanjutnya yaitu membuat hape dan laptop dari kardus susu atau sereal bekas yang kemarin sudah dikumpulkan oleh teman-teman. Cara membuatnya adalah kardus bekas dibuat kotak serapi mungkin, bisa direkatkan kembali dengan isolasi. Kemudian kardus tersebut dilapisi dengan kertas berwarna sampai tidak terlihat warna asli kardusnya. Setelah itu, di bagian depan kardus diberi kertas putih untuk jadi layar dan keypad hape atau keyboard laptop. Bagi teman-teman yang sudah lancar menulis, boleh loh diberi tulisan sedikit agar tampak kreatifitas teman-teman. Hehehe. Hasil karya teman-teman nanti akan dipajang di sepanjang langit-langit hall sekolah. Waaah, pasti senang kaaaan. Yuk semangat membuatnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *