GERBANG TEMA PEDAGANG

Assalamu’alaikum temaaan

Kemarin kita telah melaksanakan kegiatan puncak tema bus, naaah itu tandanya kali ini kita akan melaksanakan kegiatan gerbang tema baru. Mmm ada yang tahu apa tema terbaru kita sekaligus tema penutup semester dua tahun ajaran 2017-2018 ini? Betuuul, tema kita adalah tema pedagang.

Kegiatan gerbang tema ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 29 Maret 2018. Semua teman telah berkumpul di kelas Bu Addah pada pukul 08.00 setelah do’a pagi dan makan bekal. Penanggung jawab tema pedagang ini adalah Bu Tika. Bu Tika sudah menyiapkan keperluan untuk menonton video.

Bu Tika membuka kegiatan hari ini dengan sedikit membahas tentang puncak tema bus hari sebelumnya. Kemudian Bu Tika sempat bertanya kepada teman-teman apa itu pedagang. Ada beberapa yang menjawab “penjual buu”. Bu Tika mencoba melengkapi jawaban tersebut. Pedagang adalah orang yang melakukan kegiatan jual beli barang dengan orang lain. Setelah itu dikenalkan dengan lagu tema baru, yaitu pedagang. Di sini Bu Mal yang membantu Bu Tika untuk mengenalkan lagu barunya.

Menonton video dimulai. Video pertama tentang pedagang di pasar tradisional. Banyak sekali pedagang di sana, mulai dari pedagang sayur, buah, daging dan masih banyak lagi. Di pasar, untuk satu jenis dagangan bisa hingga puluhan pedagang. Misalnya pedagang buah atau pedagang sayur.

Video kedua tentang pedagang kaki lima. Di video ini digambarkan kondisi pedagang-pedagang kaki lima yang ada di pinggiran Kota Tua, Jakarta. Banyak sekali pedagang kaki lima berjejer sepanjang jalan. Kebanyakan dari mereka berjualan makanan dan minuman. Mereka cukup memakan jalan, kurang lebih satu meter sehingga kendaraan yang lewat juga penuh sesak hingga nampak semrawut, tidak indah dipandang.

Video ketiga tentang pedagang asongan yang berjualan di atas kereta api dan bus. Kebanyakan dari mereka menjajakan makanan kecil dan minuman botol. Ada juga yang menjajakan mainan anak atau tisu. Nampak cukup banyak pedagang asongan yang masuk untuk menjajakan dagangannya sehingga suasana di atas kendaraan penuh sesak, sampai sampai tidak bisa bergerak seperti di video pedagang asongan di bus. Pedagang asongan memang perlu ditertibkan yaa. Agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain yang sedang melakukan perjalanan.

Setelah nonton video tentang pedagang di pasar, pedagang kaki lima dan pedagang asongan, Bu Tika mengajak teman-teman untuk bernyanyi lagu tema baru bersama sekali lagi kemudian teman-teman bisa kembali ke kelas untuk mengerjakan tugas dan melanjutkan kegiatan kelas.

Semoga belajar tema pedagang ini bisa menyenangkan yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *