Manasik Haji, Sebagai Stimulus Niat Berhaji Kepada Anak Usia Dini KB-TK Khadijah

Senin, 11 Maret 2019 anak-anak KB-TK Khadijah melaksanakan kegiatan outdoor learning Manasik Haji. Bertempat di Asrama Haji Surabaya, kegiatan ini diikuti oleh seluruh anak didik, guru dan pengurus komite KB-TK Khadijah. Manasik Haji ini merupkan kegiatan rutin dengan harapan dapat menjadi stimulus kebaikan dalam diri anak tentang ibadah haji. Paling tidak memunculkan keniatan untuk beribadah haji dalam diri masing-masing anak.

Sekitar jam 8 pagi seluruh peserta manasik haji telah bersiap-siap berkumpul menjadi satu untuk mendapatkan pengarahan dari pembimbing dari pihak Asrama Haji Surabaya. Dengan diawali pembukaan sambutan dari Ibu Kepala KB-TK Khadijah, Dra. Hj. Suhartin.

“Kegiatan manasik ini sebagai pembelajaran untuk anak-anak kita, bahwa iman dan taqwa dapat tumbuh dari diri sejak dini” Pesan bu Dra. Hj. Suhartin, Kepala KB-TK Khadijah. “Semoga kita semua ditakdirkan untuk berhaji ke Baitullah…” lanjutnya

Salah satu kegiatan yang secara umum dilakukan dalam upaya penanaman nilai moral dan agama anak usia dini. Secara umum peragaan manasik ini mengacu langkah-langkahnya pada penerapan prosesi haji yang sesungguhnya dengan menerapkan pakaian yang sesuai pada kenyataannya yaitu yang laki-laki memakai pakaian ihrom, terdiri dari 2 (dua) lembar kain putih sementara yang wanita memakai pakaian muslim lengkap berwarna putih dan tahapan-tahapannya pun disesuaikan dengan kegiatan haji pada umumnya. Pada kesempatan ini, kegiatan dilaksanakn di Asraba Haji Surabaya, di lokasi sudah tersedia miniatur kabah dan tempat-tempat ritual haji yang sudah disesuaikan.

Pelaksanaan manasik haji pada anak usia dini merupakan salah satu cara memberikan pengalaman pelaksanaan ibadah lengkap yang sedemikian rupa sehingga sangat berkesan dan tertanam dalam jiwanya yang masih polos dan nantinya menjadi bagian dari kepribadiannya yang agamis yaitu cenderung kepada perilaku sesuai tuntunan agama. Anak dapat mengetahui makna dari setiap rukun haji yang diharapkan dapat mewarnai dalam kesehariannya. Kemudian sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan, pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya dalam bentuk ajaran atau teori tapi juga harus dipraktekkan. Manasik haji anak merupakan praktek pelajaran agama yang mendukung ajaran agama di sekolah.

“kegiatan ini (manasik haji, red) adalah upaya dalam mengenalkan rukun islam kepada anak-anak sejak usia dini supaya mereka mengenal dan mampu mengenalinya” kata Siti Malichah, selaku wakil Kepala KB-TK Khadijah

Dalam semua kegiatan ritual ibadah haji ini, anak-anak hanya didampingi oleh guru. Orang tua tidak ada yang mengikuti. Hanya beberapa pengurus komite yang membantu dalam hal teknis.

Erma Tri Suryani, selaku Ketua Komite KB-TK Khadijah menyampaikan “ Kegiatan ini (manasik haji, red) bagus sekali… untuk pembelajaran bagi anak-anak.”

“capek.. tapi seneng banget, Sehingga anak-anak paham dan mengerti apa sih manasik haji itu…” lanjutnya

Hisybiyatul Fiddat selaku Bendahara Komite menyampaikan ” Alhamdulillah dg kegiatan manasik haji ini anak-anak kami bisa secara praktik mengetahui mengenai rukun-rukun haji lebih jelas melalui kegiatan ini, sehingga anak-anak tidak hanya sekedar mengetahui rukun haji berdasar teori saja, melainkan juga bisa praktik secara langsung, sehingga bisa lebih mudah diingat dan lebih mudah dipahami, karena secara tidak langsung dengan melakukan praktik manasik haji seperti ini maka akan sangat membekas dan sangat bermanfaat untuk anak-anak seusia mereka…”

Tepat pukul 10.30, seluruh rangkaian kegiatan manasik haji telah dilaksanakan. Anak-anak dan guru bersiap kembali ke sekolah bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *