PUNCAK TEMA AYAM “MEMBUAT NUGGET AYAM”

 

Assalamu’alaikum teman temaaan

Alhamdulillah, tidak terasa ya kita sudah berada di akhir tema ayam. Rasanya seperti kemarin kita gerbang tema ayam sambil melihat ayam secara langsung. Hehehe.

Naah, kira-kira untuk puncak tema ayam ini kita akan melakukan kegiatan apa ya?

Betuul, kita akan membuat nugget ayam ! Waaaah, kira-kira bagaimana yaa caranya? Yuk, ikutin..

Kegiatan puncak tema ayam ini kita laksanakan pada hari Selasa, tanggal 30 Januari 2018 mulai sekitar pukul 09.00 pagi setelah kita melakukan latihan untuk penampilan besok di Royal Plaza dan makan bekal. Semua bahan-bahan telah disiapkan oleh Bu Fida sebagai penanggung jawab tema. Mulai dari ayam yang sudah dihancurkan lembut, kemudian ada roti tawar kupas, susu kental manis, susu cair, telur, tepung panir sedikit garam dan merica bubuk kemudian bawang bombay.

Semua teman berkumpul di hall sekolah. Bu Fida menjelaskan proses pembuatan nuggetnya mulai dari menyisihkan ½ kg daging ayam dari tulang, kemudian di campur dengan dua butir telur dan bawang bombay yang dicincang. Setelah itu dimasukkan ke dalam blender untuk dihaluskan.

Roti dan susu digunakan sebagai pengganti tepung dan gula. Susu cair dituangkan ke dalam piring lebar secukupnya. Kemudian di letakkan satu lembar roti yang diatasnya diberi susu kental manis secukupnya dan ditumpuk dengan roti tawar lagi yang diberi susu kental manis. Begitu seterusnya hingga mencapai tiga lapis roti. Setelah itu, roti yang direndam susu tadi dilembutkan dan dicampur dengan merica bubuk serta garam secukupnya. Dicampur hingga merata.

Selanjutnya adonan roti ini dicampurkan dengan adonan ayam, diaduk hingga merata. Kemudian dituang ke wadah pengukus aluminium yang sudah diolesi mentega terlebih dahulu agar tidak lengket saat dikeluarkan. Wadah pengukus tersebut dikukus selama kurang lebih 30-40 menit.

Kukusan tersebut didinginkan sebentar kemudian potong-potong kecil seukuran kurang lebih 5 cm. Potongan nugget tersebut dilumuri putih telur dan diguling-gulingkan di tepung panir secara merata. Naaah, nugget ini disimpan di dalam kulkas terlebih dahulu. Kemudian baru siap digoreng di minyak panas dengan api kecil.

Bu Fida tidak hanya mencontohkan cara pembuatannya saja tetapi juga menunjukkan hasil nugget yang sudah jadi dan sudah digoreng. Mmmm, siap santap ! Happ! Nah kini saatnya teman-teman mencoba melakukan proses pembuatan nugget. Ada yang melembutkan roti yang sudah direndam susu dan ada yang mengaduk adonan hingga rata. Semua mendapatkan bagian tugasnya.

Setelah semua adonan buatan teman-teman selesai, kini adonan tersebut harus dikukus. Teman-teman bisa menikmati nugget ayam buatan mereka keesokan harinya karena perlu didinginkan terlebih dahulu nugget yang selesai dikukus dan dilapisi tepung panir. Hmmmmm, rasanya enaaak sekali. Teman-teman sangat menyukai rasa nugget buatan mereka. Alhamdulillah. Semoga bisa berguna ya informasi dari puncak tema kali ini. Aamiiin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *